FUNGSI TATA RIAS

Fungsi Tata Rias Wajah

Robby Hidajat

Jika melihat fungsinya, tata rias dalam seni pertunjukan dapat dibagi menjadi beberapa yaitu diantaranya :
1. Mempertegas garis (contur) wajah
Seseorang yang tampil di depan umum (publik) dalam jarak yang relatif jauh membutuhkan cara-cara tertentu untuk menampak jelaskan garis wajahnya, yaitu terdiri dari garis-garis pada alis, mata, hidung, dan mulut (bibir).
Di samping itu juga diharapkan wajah tidak tampak terlalu datar (flat), akan tetapi diharapkan adanya bayangan pada lekuk-lekuk wajah (shadow) dan penonjolan, penonjolan yang dimaksud adalah untuk menunjukan kedimensionalannya.
2. Karakteristik peran
Disamping itu make up panggung adalah untuk menonjolkan fungsi pemeranan, yaitu memperjelas atau mempertegas kehadiran tokoh-tokoh tertentu.
Maka tata rias didalam hal ini adalah berfungsi untuk merubah bentuk wajah asli menjadi tokoh-tokoh tertentu.

Untuk mendapatkan atau memenuhi fungsi tersebut terlebih dahulu seorang penata rias (disainer) perlu mengetahui serba sedikit tentang adanya anatomi wajah, mengingat wajah manusia terdiri dari beberapa bentuk antara lain:
Beberapa bentuk wajah atau muka tersebut akan berpengaruh besar terhadap cara-cara merias (make up). Sebab bentuk-bentuk wajah tersebut akan mempengaruhi jarak dari bagian-bagian muka itu sendiri. Seperti letak dan ajrak mata terhadap alis, hidung atau mulut.
Tetapi sungguhpun demikian cara-cara merias dalam tahap dasar sesungguhnya sama saja, untuk itu yang perlu diperhatikan adalah teknik dan pengetahuan dasar merias wajah.
Share on :
FUNGSI TATA RIAS
FUNGSI TATA RIAS
Reviewed by Robby Hidajat
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment