Dari Pertahankan Identitas Budaya Studio Tari Datangkan Rupiah

Posted on 2 views

Negara  Indonesia  terkenal  dengann  keberagaman  suatu  budaya  yang  menjadikannya sebagai identitas dari Negara itu sendiri. Kemajemukan susku bangsa di Indonesia menjadi latar belakang utama seseorang mencintai tradisi-tradisi lokal seperti halnya tari menari dan tradisi lainnya. Memasuki era modern perkembangan tari mengalami pasang surut, banyak kaulah muda mulai enggan untuk mengembangkan tradisi tersebut. Namun tidak sedikit pula orang-orang di luar sana memiliki hobi menari. Alasan yang muncul pun juga beragam, mulai dari pertahankan budaya, saluran hobi bahkan ada juga  yang mempunyai alasan sebagai anjang mecari rejeki (uang).

Disisi lain tari juga menjadi hal penting dalam hal menjaga kebugaran tubuh seseorang, tidak hanya berolah raga saja yang terdapat pada gerakan-gerakan tari, melainkan juga nilai-nilai kearifan lokal  dapat digambarkan dalam gerakan tari. Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari  tari  tersebut,  hal  ini  memicu  orang-orang  dengan  modal  besar  untuk  membuat  wadah sebagai tempat latihan tari, yakni studio tari.

Mungkin sebagian orang berkata buat apa studio tari, sedangkan tari itu sudah kuno dan tidak ada peminatnya hari ini?. Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar, buktinya jika ada event event budaya  tari  selalu  menghiasi  dan  meramaikan  jalannya  event  tersebut.  Adanya peminat tari tersebut pasti membutuhkan ruang untuk mengasah lebih dalam kemempuan dan bakatnhya tentang tari. Dari sinilah banyak orang-orang kaya membangun studio tari.

Ada banyak manfaat yang dapat di ambil dari adanya studio tari salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai tempat untuk mempertahankan budaya dan tambahan literasi

Seperti yang dikatakan diawal bahwa tari adalah suatu identitas dari suatu daerah, akan hilang  identitas  suatu  daerah  jika  tradisi-tradisi  yang  belaku  pada  daerah  tersebut  juga mengalami kemunduran atau bahkan mati. Dengan adanya studio tari tersebut akan mampu mewadahi nmasyarakat setempat untuk berpartisipasi mengembangkan tarian-tarian lokas pada khusunya dan tarian diseluruh Indonesia pada umumnya.

Jika hal tersebut di kaji lebih mendalam lagi manfaat dari studio tari adalah sebagi galeri tari masyarakat local. Tidak dapat di pungkiri bahwa setiap studio tari pasti akan memiliki perhiasan atau pajangan gambar tari dari berbagai daerah. Hal ini dipasang bertujuan untuk meningkatkan spirit bagi orang-orang yang latihan pada studio tersebut.

Studio tari yang dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris tari juga akan bermanfaat bagi literasi  pendidikan.  Pasalnya  sebagian  besar  generasi  mellenial  kurang  memahami  makna dibalik  tari,  gerakan-gerakan  tari  ataupun  aksesoris-aksesorisnya.  Mungkin  kaulah  muda memandang  tari  hanya  sebatas  hiburan  belaka.  Namun  anggapan  nyang  sederhana  tersebut kurang tepat, karena tari sebagai hiburan juga memiliki makna tersendiri di dalamnya, baik makna moral dan lain sebagainya. Dengan demikian tari juga bermanfaat untuk lebih mengenal suatu kebudayaan warisan nenek moyang.

2. Sebagai tempat mengais rezeki

Hari ini tradisi tari tidak mengalami penurunan yang begitu drastic, masih banyak orang-orang  yang mencintai tradisi tari. Jika anda sebagai pemilik modal alangkah baiknya untuk  membangun  sebuah  gedung  studio  khusus  tari.  Mengapa  studio  tari?  Karena perlengkapan awal yang dibutuhkan untuk membangun ter,moat tersebut terbilang cukup mudah. Berikut adalah perlengkapan serta kegunaannya.

3. Ruangan / area yang memadai

Kebutuhan  yang  paling  dasar  untuk  membuat  studio  tari  adalah  tempatnya.  Yakni sebuah ruangan atau area-area tertentu. Kebutuhan dasar ini mungkin akan terbilang sedikit  berat,  karena  rest  area  yang  di  perlukan  untuk  studio  tari  minimalnya  10 sampai 15 M (bukan termasuk area parkir). Anda juga bisa membuat studio tari yang lebih  luas  lagi  karena  pada  beberapa  jenis  tari  membutuhkan  5  sampai  10  orang anggota tari. Semakin besar ruangan yang di sediakan makan semakin efektif orang-orang yang berlatih tari.

4. Cermin besar

Mungkin Anda akan berpikir untuk apa sebenarnya cermin pada studio tari. Beberapa riset mengatakan bahwa jika seseorang yang hendak berlatih tari maka latihanlah di depan cermin. Hal ini bertujuan untuk tampil percaya diri dan menambah semangat. Disisi lain fungsi cermin di studio tari adalah untuk menyelaraskan dengan pelatih tari jika kegiatan tari tersebut membutuhkan pembimbing.

5. Ruang Ganti

Tidak dapat di pungkiri bahwa pakaian tari pasti akan berbeda dengan pakaian sehari-hari, seperti  halnya olah raga, jika seseorang hendak berolah raga pastinya dia akan menggunakan pakaian olah raga, hal tersebut juga berlaku pada tari. Dengan adanya ruang ganti tersebut akan sangat mempermudah para penari untuk berganti pakaian.

6. Aksesoris-aksesori

Kebanyakan alsesoris-aksesoris  yang digunakan  dalam studio tari adalah  foto-foto para penari kelas dunia. Pajangan foto tersebut tidak lain bertujuan untuk menambah semangat orang-orang yang berlatih tari. Selain foto sebagai pajangan, Anda juga bisa menghiasi dinding studio dengan alat-alat tari tradisonal (dulu) yang bertujuan untuk lebih mengenalkan budaya-budaya Indonesia (khusunya tari) kepada pecinta tari.

Ketika  keempat  poin  diatas  sudah  Anda  penuhi  semua,  janggan  ragu-ragu  untuk membuka artau membuat studio tari. Karena adanya studio tari tersebut banyak sumbangsih yang telah  anda  berikan  baik  untuk  Negara  Indonesia  ataupun  sumbangsih  kepada  perekonomian keluarga anda.

Bagaimana sih alasannya kok bisa bersumbangsih terhadap Negara dan keluarga!! mungkin itu adalah pertanyaan dasar yang kerap kali muncul di benak anda. Perlu di ketahui bersama  bahwa  dengan  adanya  studio  tari  tersebut  memberikan  peluang  kepada  pecinta  tari untuk teerus mengembangkan bakatnya. Hal ini juga akan mempertahankan kebudayaan leluhur dengan terus melestarikan tradisi atau kebudayaan tari.

Kemudian sumbangsih untuk keluarga adalah setelah studio tersebut sudah berdiri dan siap pakai, jangan lupa untuk di beritakan kepada publik entah dengan memposting melalui facebook, instagram, WhatsApp dan jejaring sosial lainnya. Dengan begitu studio yang sudah di desain sedemikian rupa akan banyak mendatangkan pengunjung untuk menggunakan jasa sewa gedung tentunya juga akan banyak menambah omset pendapatan.

Selanjutnya jika wacana tersebut benar-benar dilaksanakan tidak menutup kemungkinan Anda  juga  membantu  perekonomian  orang  lain  disekitar  Anda.  Karena  ketika  studio  telah didirikan dan siap disewakan secara otomatis Anda tidak akan menjaganya seorang diri. Oleh karena  itu  annda  membutuhkan  orang  lain  sebagai  karyawan  untuk  menjaga  serta  merawan studio  tersebut.  Serta  juga  akan  menggerakkan  orang  di  dekat  studio  untuk  mulai  berusaha seperti berjualan dan lain-lain.

Dalam segi pengelolaan pun cukup gampang untuk anda lakukan, tinggal Anda tentukan hari apa saja yang bisa digunakan untuk sewa gedung yang bisa anda pasang di depan studio atau dicantumkan  ketika  pemberitaan  (promosi)  melalui  jejaring  sosial.  Serta  anda  juga  bisa mencantumkan harga perjamnya.

Memasuki tahap perawatan, sangat dianjurkan bagi Anda (pemilik) untuk menggunakan studio hanya demi tari menari saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketahanan dan kekuatan studio  itu  sendiri.  Karena  jika  studio  digunakan  untuk  kebutuhan  lain  dikhawatirkan  tidak bertahan lama. Seperti pepatah bilang gunakan sesuatu pada tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *