Inilah Jenis- Jenis Lantai Yang Sesuai Dengan Studio Tari

Posted on 20 views

Ketika anda mendatangi studio tari hal yang pertana kali di perhatikan adalah desain ruangannya.  Studio  tari  selalu  identic  dengan  permjukaan  lantai  yang  licin  serta  halus  akan memudahkan para penari untuk melaksanakan gerakan- gerakan tari dalam studio.

Kenyamanan yang dimaksud dapat   berasal dari berbagai aspek. Mulai dari pelayanan, fasilitas, promo, desain ruangan, Susana dan kesan, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar para pengunjung yang datang ke studio tari tidak hanya datang satu kali untuk menilai desain dan kenyamanan  ruangan  dan  berakhir  mencoba  gerakan  tari  di  studio  hanya  sekali.  Tetapi  ini dimaksudkan  agar  para  pengunjung  /  penari  tersebut  tertarik  untuk  menjadi  member  dan mengajak orang lain ikut untuk melakukan tari atau latihan tari pada studio tersebut

Salah satu hal dalam ruangan studio tari yang harus diperhatikan adalah lantai. Lantai yang digunakan untuk studio tari harus lah sesuai dengan   rutinitas tari yang akan dilakukan. Pemilihan material lantai yang tepat sangat berpengaruh pada kebebasan gerakan para penari, dan tentu lantai yang sesuai dengan gerakan para penarilah akan membuat para penari tenang, aman dan tidak takut terluka ketika tidak sengaja terjatuh.

Bukan hanya soal model dan tampilan  yang memukau saja pada lantai  yang mampu membuat para pesenam tertarik. Tetapi factor keselamatan menjadi poin penting yang juga selalu mereka     perhitungkan. Wajar sebenarnya jika para penari sangat selektif dalam mempertimbangkan kondisi tempat yang akan digunakan untuk melakukan latihan tari. Karna meskipun hanya dilihat saat melakukan gerakan tubuh dan bahkan ada jenis tari yang lain seperti dance, tetap saja jika salah melakukan gerakan maka akan berakibat bada bagian tubuh yang
mengalami salah gerak tersebut. Atau lebih parah lagi jika penari terjatuh saat melakukan olah
tubuh entah disebabkan oleh salah gerak atau tekstur yang jenis lantai hyang tidak sesuai untuk
beberapa jenis tari tersebut.

Ketika memilih jenis lantai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yakni  faktor  kemulusan.  Untuk  kenyamanan  penari,  lantai  yang  hendak  digunakan  harusnya lantai yang tidak bertekstur sangat licin di permukaan. Lantai yang bertekstur tidak terlalu licin ini beraku untuk semua jenis tari apapun sebab ketika penari melakukan jenis tarian tertentu membutuhkan gerakan cepat dan memiliki berfariasi gerakan yang aktif dan ceria maka lantai yang sangar licin akan mengganggu dan menyebabkan para penari tidak leluasa untuk bergerak dan mudah terpeleset.

Lalu, jenis antai apa yang cocok digunakan untuk studio tari yang mampu membuat para penari nyaman untuk bergerak dan meminimalisir kejadian penari terpeleset atau jatuh ? berikut beberapa jenisnya.

  1. Lantaikeramik

Lantai ini berasal dari tanah liat dengan lapisan glazur. Lantai keramik memiliki dua  jenis,  pertama  keramik  berglazur.  Berglazur  adalah  campuran  tanah  liat  dan kaolin, lalu dibakar dengan suhu mencapai 10000 G. yang kedua yakni ubin porselen atau homogenius tile. Keramik dari jenis ini terbuat dari bahan pasir kuasa, feldspar, dan  tanah  liat  yang  digiling.  Keramik  ini  memiliki  daya  serap  air  yang  rendah
sehingga terasa sejuk jika diserap badan. Material yang dimiliki cukup kuat dan awet, serta perawatan tidak rumit karna mudah dibersihkan dari debu yang menempel.

Terkait variasi keramik, tidak semua variasi bisa digunakan untuk lantai studio senam. Ini disebabkan sebagian besar   permukaan keramik cukup licin baik dalam keadaan kering ataupun setelah dipel sehingga membuat sangat sulit bergerak secara koontinyu saat melakukan gerakan tari, lantai keramik juga cenderung tidak memiliki
permukaan lantai yang kesat. Pilihlah keramik dengan motif batu alam dan grayscale. Atau tekstur koral yang
kesat dan tidak menyebabkan penari mudah terpeleset.

  1. Lantai Vinyl

Lantai jenis ini dibuat dari material polimer sintetik atau polyvinyl chloride yang ditambahi pigmen warna. Biasanya motif untuk lantai jenis ini adalah motif kayu, bebatuan, bunga, dan warna alam lain yang membbuat kesan alami didalam ruangan.

Lantai yang dibuat dari baha buatan ini memiliki tekstur halus dan ringan, sehingga akan terasa fleksibel dan nyaman saat diinjak.

Lantai jenis ini sangat cocok untuk menjadi alas ketika melakukan jenis tari yang energik dan memiliki gerak aktif. Tekstur lantainya yang halus dan ringan sangat nyaman diinjak dan tidak akan membuat penari takut untuk bergerak kurang leluasa karna lantai yang digunakan tidak menunjang kenyamanan para penari.

  1. Lantai Parket kayu

Jenis lantai ini mampu mencegah penari cedera saat jatuh, dan debu yang jarang
menempel menjadi alasan penggunaan dengan perawatan yang mudah. Untuk tarian
yang aktif, lantai ini sangat cocok digunakan. Karena memiliki material dan tampilan
natural   yang   dipercaya   mampu   megoptimalkan   konsentrasi   sehingga   mampu
mencapai ketenangan dengan maskimal.
Ada tiga macam lantai parket, yaitu enginering parket, solid parket, dan laminate
parket. Engineering parket terbuat dari kayu solid berkualitas rendah atau plywood.
Solid parket dibuat dari kayu solid seperti sonokeling, ulin, jati, merbau dan kayu
keras lainnya. Kayu solid ini kemudian dipotong dan dibelah dalam berbagai ukuran.
Sedangkan laminate parket tersebuat dari perpaduan serbuk kayu dan pulp. Lantai parket kayu inilah yang paling banyak digunakan untuk alas studio tari. Tidak hanya karna cara perawatannya yang mudah saja yang menjadi alasan. Namun, bentuk, tekstur bahkan warna dari lantai parket kayu sesuai dan mampu diletakkan dimana  saja,  sehingga  kesan  matching  antara  ruangan  dan  lantai  sangat  bisa diperhatikan.
Mengingat para   pecinta tari yang memang kadang menginginkan ruangan yang
nyaman untuk dijadikan tempat mengolah tubuh, serta berkonsentrasi tak terkecuali
ruangan  studio  tari  tersebut.  Maka  pilihlah  jenis  lantai  untuk  studio  tari  yang
digunakan  dengan                                               tepat  agar  sesuai  dengan  bentuk  ruangan  dan  membuat  para
pengunjung  betah dan mengajak lebih banyak orang untuk ikut mealakukan aktifitas
tari di studio tersebut.
Sebab tidak bias dipungkiri, salah satu alasan dari betahnya konsumen adalah rasa
nyaman yang timbul saat mengkonsumsi barang kesukaan. Dalam  kasus studio tari
ini, tentu para penari yang notabenenya merupakan konsumen akan merasa nyaman
dan betah apabila standart kenyamanan yang mereka patok untuk kelas studio tari
sudah terpenuhi.
Meskipun  standart  kenyamanan  berbeda-beda  pada  setiap  individunya,  namun
factor  kenyamanan  ruangan  yang  sesuainya  jenis  lantai  untuk  begerak  masuk
didalamnya akan menjadi pertimbangan seluruh penari atau pengunjung lainnya yang
akan melakukan aktifitasnya di sana. Sebab perhitungan lantai yang digunakan bukan
hanya  untuk  kenyamanan  kaki  saat  berpijak  atau  ringannya  bergerak  megikuti
intruksi dari pelatih
Tetapi sesuainya jenis lantai yang digunakan menjadi penentu keselamatan para
penari dari peristiwa tergelincir atau jatuh saat melakukan gerakan tari. Para penari
akan sangat menghindari kejadian terpeleset atau jatuh saat melakukan aktifitas tarian
tersebut. Dikarenakan efek dari jatuh sendiri akan langsung terasa pada bagian tubuh
dan kadang mampu membuat terkilir atau mungkin patah tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *