Menari itu Susah Gak Sih, Inilah 5 Tips Belajar Seni Tari Bagi Pemula

Posted on 13 views

Seni tari adalah seni yang unik dan indah karena mampu mengekspresikan emosional dan apa yang dirasa dalam sebuah gerakan tari yang indah. Seni tari itu sendiri merupakan seni yang mempelajari mengenai gerak tubuh berirama yang akan dilakukan pada saat momen tertentu. Tentunya semua dari kita sering menyaksikan sebuah acara pementasan seni tarian yang berbagai versi baik itu tradisional maupun yang versi modern. Bahkan, seiring berkembangnya teknologi pun bisa menjadi hal baru bagi kita untuk terus belajar mengenai seluk beluk tentang seni tari secara lebih dalam.

Akhir-akhir ini, seni tari ini kembali populer setelah sekian lama tidak terdengar. Berkembangnya seni ini bisa dilihat dari kegiatan seni di sekolah seperti bertambah nya ekstrakurikuler mengenai seni di sekolah sehingga membuat regenerasi dari para penari terus bertambah terus menerus. Jika bukan dari kita sendiri yang akan meneruskan, dunia seni lalu siapa lagi yang akan jadi penerus seni ini?

Ada berbagai macam jenis tari yang harus diketahui dalam sebuah seni tari. Dari sekian banyak, sebagai contoh ada tari tunggal, berpasangan, kelompok, hingga tari kolosal. Tari tunggal ini biasanya diperagakan oleh satu orang saja, sedangkan untuk tari berpasangan akan diperagakan oleh dua orang untuk melakukannya.

Jika ada penari yang lebih dari dua orang maka bisa berubah menjadi dengan tari kelompok. Sedangkan untuk tari kolosal adalah jenis tari yang diperagakan dengan jumlah yang lebih dari banyak kelompoknya. Biasanya tari kolosal ini dilakukan dibanyak daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Sekarang ini masyarakat sudah mulai banyak yang memiliki daya tarik dan melirik seni tari atau dance sebagai salah satu seni yang bisa dipelajari dan dikuasai dengan mudah. Namun, seni tari itu sendiri adalah seni yang dilakukan dengan menggunakan gerakan tubuh untuk bisa menyampaikan ekspresi yang dirasa, baik itu emosi maupun doa dari penari tersebut.

Minat masyarakat kian bertambah bahkan remaja milenial pun semakin tertarik terhadap dunia seni tari, seiring dengan perkembangan boyband K-Pop yang menyajikan konsep tarian yang cukup unik. Hal ini tentu menyebabkan semua orang di dunia seolah ingin ikut menari seperti mereka layaknya sang artis. Bukan cuma itu saja, menjadikan seni tari sebagai mata pencaharian di industri tari jugamerupakan hal yang sangat hebat karena ini juga menjadi salah satu alasan masyarakat saat ini untuk lebih fokus belajar seni tari.

Walaupun seni tari sudah memiliki banyak peminat dan dianggap mudah dipelajari, tetapi dalam praktiknya banyak pemula yang masih menemukan kendala dalam mempelajari seni tari, apalagi bagi orang yang baru mengenal dunia seni tari.Berikut iniadalah 5 tips sebagai penari pemula yang ingin mendalami dunia seni tari.

  1. Pilih Genre Sesuai Keinginan

Perlu dipahami apabila kamu ingin mendalami dunia tari akan ada banyak sekali genre yang beraneka ragam yang akan kamu temukan nantinya, kamu bisa pilih sesuai yang kamu inginkan atau yang cocok dengan karakter kamu. Di Indonesia sendiri memiliki 2 genre tari umum, yaitu tradisional dan modern. Untuk saat ini, masyarakat lebih memiliki minat lebih terhadap tari modern yang lebih keren pastinya sesuai dengan perkembangan seni tari saat ini yang mengedepankan  genre modern dance, hip hop, dan break dance, karena tari modern dianggap lebih mudah dipelajari daripada tari tradisional yang mungkin perlu sedikit waktu lebih untuk bisa mendalaminya. Bila kamu sudah mengetahui karakter kamu cocoknya ke tari yang mana maka kamu harus menentukan jenis tarian yang kamu minati, hal itu merupakan tips pertama untuk bisa mempelajari seni tari, karena jika kita sudah mengetahui jenis tarian yang ingin dipelajari nantinya maka kita lebih fokus dalam mempelajarinya dan lebih mudah untuk mendalami jenis tarian tersebut.

  1. Cari Referensi

Sekarang ini kamu tidak akan kesulitan untuk mencari contoh tarian atau choreography. Apalagi ditambah dengan berkembangnya teknologi yang saat ini sudah ada internet maka akan lebih mudah pastinya bagi kita untuk mencari video tari di situs daringsebagai referensi belajar. Adapun tujuan dari mencari referensi dalam mempelajari seni tari adalah agar kita dapat wawasan yang lebih luas serta bisa memahami gerakan tersebut dan bisa latihan saat dirumah.

Hal ini tentu berhubungan dengan vocabulary tarian, semakin banyak kamu mencari referensi semakin banyak juga gerakan yang bisa kamu ciptakan. Sedikit nasehat dalam mencari sebuah referensi belajar, carilah video tutorial, atau video dance competition yang bisa kamu peragakan di rumah.

  1. Pelajari Basic

Jika kamu merupakan seorang dancer pemula, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk ingin mempelajari dan menguasai semua gerakan namun pelan-pelan saja dalam mempelajarinya, kamu bisa belajar dari hal-hal mendasar dari tarian dan belajar dengan genre yang sesuai kamu inginkan.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa ada banyak sekali genre tari yang ada, dan setiap genre tersebut tentu memiliki basis yang tidak sama. Dalam mempelajari basis tarian, kamu bisa mencari video di YouTube atau juga bisa meminta seseorang yang sudah menguasai tarian tersebut untuk mengajari basis tarian.

  1. Ikut Dance Class atau Dance School

Cara yang paling ampuh dalam belajar seni tari adalah dengan langsung mempraktikannya tanpa banyak teori. Tetapi dalam hal ini kita akan mengalami kendala apabila kita belajar sendiri. Ada baiknya kamu mencari kelas khusus bagi pemula karena disana kamu akan dibimbing langsung untuk bisa menguasai dasar tarian.

Keuntungan yang kamu dapat apabila mengambil kelas khusus pemula maka kamu bisa langsung diajari langsung oleh pelatih yang sudah punya kemampuan tari yang profesional. Lebih baik lagi jika kamu mengambil kelas progresif di dance school karena kamu akan diberi materi pembelajaran yang sudah diatur seperti halnya sekolah pada umumnya. Perkembangan kamu dalam bidang menari juga menjadi lebih mudah untuk di amati langsung  oleh coach personal.

  1. Ikut Pertunjukan atau Perlombaan

Apabila kamu hanya memiliki kegiatan latihan saja, dalam mempelajari seni tari pasti kamu akan terasa sangat bosan. Nah, salah satu tips agar latihan kamu jadi lebih semangat, kamu bisa coba dengan mengiiringi dengan target yang ingin kamu capai.

Biasanya untuk pernari yang masih pemula akan di ikutkan dalam even pertunjukan seni tari. Hal ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri dan mentalitas kamu dalam melakukan pertunjukan tari didepan umum.

Kalau kamu sudah terbiasa menampilkan pertunjukan didepan umum, maka kamu berpeluang besar untuk diikutkan dalam sebuah ajang perlombaan. Bukan hanya sekedar untuk melakukan pertunjukan atau perlombaan, tetapi lebih tertuju kepada memberikan hasil yang sudah kamu pelajari kepada masyarakat sehingga seni tari lebih dikenal oleh publik.

Itulah beberapa tips untuk pemula yang ingin belajar tentang seni tari. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu agar lebih giat lagi untuk berlatih dan menjadi seorang dancer yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *