Pentingnya Mempunyai Studio Tari

Posted on 10 views

Suatu  kesenian  yang  ada  pada  sebuah  daerah  pasti  mempunyai  keunggulan  masing-masing,  sehingga  menarik  masyarakat  setempat  untuk  terus  melestarikannya.  Dalam  setiap gerakan  tari  pasti  memiliki  makna-  makna  tersendiri  mulai  dari  makna  estetika,  moral  dan norma-  norma  yang  berlaku  di  setiap  lini  kehidupan  manusia.  Hal  ini  lah  yang  membuat masyarakat setempat untuk terus melestarikan dan membumikan tradisi tari ini.

Namun seiring perkembangan zaman, sedikit demi sedikit beberapa kebudayaan warisan nenek moyang mulai luntur, begitu juga dengan tari. Dari lunturnya tradisi kebudayaan tersebut berbagai  alasan  yang  melatar  belakangi  kelunturannya,  yang  pertama  adalah  kurangnya pendidikan yang fokus pada bidang tari, tidak dapat di pungkiri bahwa dengan kemajuan zaman membuat kaum muda semakin enggan untuk mempelajari tari, begitu pula dengan para orang tua yang sedikit sekali memahami dunia tari. Sehingga hal ini lah yang membuat eksistenti dari tari semakin hari semakin memudar.

Kedua,  salah dalam  memilih  teman,  orang bijak  pernah  berkata “jika  kamu  berteman dengan seorang penjual parfum, maka kamu juga akan terkena percikan wanginya dari parfum penjual parfum”. Hal ini memang benar adanya, jika anda berteman dengan orang- orang modern maka Anda juga akan ikut modern. Jika Anda berteman dengan seorang budayawan anda juga akan banyak tau tentang suatu budaya yang ada di dunia. Jika Anda berteman dengan seorang penari lambat laun anda juga akan senang terhadap tari, atau bahkan anda juga akan ikut Andil dalam dunia tari menari. Maka dengan itulah Anda harus berhati- hati dalam berteman, karena konsep pertemanan adalah saling mempengaruhi.

Ketiga kurangnya ruang sebagai tempat mengaplikasikan orang- orang yang mempunyai hobi menari. Keterbatasan ruang untuk mengaplikasikan suatu bakan juga menjadi hambantan berkembangnya tradisi  tari.  Dengan  tidak  adanya  tempat  untuk  berlatih  tidak  menutup kemungkinan tradisi tari tersebut lambat laun akan menghilang di makan kejamnya zaman.

Dari ketiga alasan utama dalam merosotnya tradisi tari tersebut banyak hal yang dapat dilakukan  seseorang  untuk  tetap  melestarikan  kebudayaan  tersebut.  Salah  satunya  adalah membuat studio tari sebagai tempat latihan bagi pecinta tari. Adapun manfaat secara umum yang dapat di rasakan dari keberadaan studio tari adalah sebagai berikut :

  1. Memperkuatkebudayaan lokal.

Mendirikan studio tari sangat berpengaruh dalam mrpertahankan suatu kebudayaan, begitu juga dengan tari. Jika ada sebuah studio tari  pada lokasi tertentu maka akan menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan studinya tersebut sebagai tempat untuk mengasah kemampuan dalam hal tari. Dengan begitu kebudayaan yang ada pada   masyarakat   tersebut   akan   lebih   diperhatikan   dan   di   lestarikan   untuk kembangkan. Dengan begitu pula identitas suatu daerah tersebut akan lebih terjaga.

  1. Membantunegara untuk mempertahankan identitas

Seperti yang dikatakan pada poin 1 bahwa kebudayaan suatu daerah adalah identitas bagi daerah tersebut. Hal ini juga sama dengan negara kita yakin, Indonesia yang saat ini terkenal dengan negara yang kaya budaya pasti akan mempertahankan julukan tersebut.  Banyak  upaya  yang  dilakukan  oleh  pemerintah  untuk  mempertahankan identitas tersebut. Apakah orang biasa yang tidak masuk dalam jajaran pemerintah dapat  membantu  negara  dalam  mempertahankan  identitasnya.  Jawabannya  adalah pasti bisa, yakni dengan cara mewadahi orang- orang disekitar anda untuk latihan tari seperti membuat studio tari atau pun sanggar tari.

  1. Membukalapangan pekerjaan

Adanya  studio  tari  pasti  anda  tidak  akan  mengelolanya  seorang  diri  dengan  cara merekrut orang lain untuk dijadikan seorang karyawan. Maka dengan begitu angka pengangguran  pada  lokasi  tempat  berdirinya  studio  tersebut  lambat  laun  akan berkurang.  Kehadiran  Studio  di  tengah-  tengah  masyarakat  juga  akan  membuat masyarakat tergerak untuk membuka sebuah usaha. Karena studio yang besar pasti akan mendatangkan orang lain untuk berkunjung ataupun   latihan tari pada studio tersebut.

Dengan beberapa manfaat diatas, ada manfaat lain yang akan Anda dapatkan. Yakni desa atau lokasi yang di gunakan sebagai tempat dibangunnya studio tari tersebut akan dikenal luar oleh orang lain. Serta akan dijuluki sebagai desa yang kental dengan kebudayaannya. Hal ini pastinya  seiring  perkembangan  zaman  tempat  tersebut  akan  dijadikan  sebagai  pusat  kajian kebudayaan.

 

Namun  untuk  sampai  pada titik  tersebut  ada banyak  hal  yang harus dipenuhi  seperti adanya fasilitas umum,  bahan- bahan yang hendak dijadikan pusat kajian dan lain sebagainya. Jika Anda benar- benar punya niat untuk membuka studio tari akan banyak keuntungan lain yang akan Anda dapat kan dari keuntungan mempertahankan identitas hingga manfaat mendatang rupiah atau pun memperbaiki keadaan ekonomis.

Dalam hal pengelolaan pun cukup sederhana, yang paling utama menjadi perhatian anda adalah  kebersihan  di  daerah  studio.  Karena  kebersihan  inilah  yang  akan  membuat  para pengunjung betah jika berlama- lama di studio anda. Dengan begitu pula pengunjung tersebut bisa saja datang kedua kalinya dengan membawa temannya, sehingga daftar pengunjung pun dapat bertambah hal ini tentunya akan menambah omzet pendapat anda.

Lantas bagaimana cara mengabarkan kainnya kepada publik? Langkah- langkah yang harus  anda  lakukan  adalah  bermain  media  sosial.  Tidak  dapat  di  pukiri  bahwa  era  21  ini perkembangan teknologi begitu pesat. Terutama dibidang informasi dan komunikasi. Anda bisa menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, instagram, WhatsApp dan jejaring sosial lainnya untuk memberitakan kepada publik tentang keberadaan studio tari tersebut.

Dengan jejaring tersebut pula anda juga bisa membranding perusahaan Anda agar mendapat citra yang bagus dimata publik. Dengan citra yang bagus pula akan semakin menarik minat orang lain untuk berkunjung ke studio tari milik Anda.

Apakah studio tari cocok dijalankan pada era digital ini ?

Mungkin bagi Anda yang khawatir untuk membangun studio tari pertanyaan tersebut sering muncul dan kadang menjadi penghematan bagi anda untuk berusaha. Anda jangan kecil hati,  pernahkah  anda  melihat  pada  acara  perpisahan  sekolah  dasar  yang  sebagian  besar pertunjukannya adalah tari- tarian? Jika iya, membuka studio tari adalah jawaban yang pas untuk menjawab keraguan anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap anak yang mempunyai keahlian tertentu pasti tetap membutuhkan waktu untuk latihan. Bagi anak- anak di tin gkat sekolah dasar pasti akan lebih senang jika latihan tari diklaksanakan pada tempat di luar sekolah. Hal inilah yang bisa anda lihat sebagai  peluang  untuk  mendirikan  studio  tari.  Pada  intinya  studio  tari  sebagai  wadah  untuk mengasah   kemampuan   kaulah   muda   dalam   mempertahankan   kebudayaannya   serta   lebih mengetahui makna- makna dari setiap gerakan dalam tari.

Sangat di anjurkan bagi Anda ,jika hendak membangun bisnis melalui studio tari, anda juga perlu menyediakan seseorang yang ahli dalam dunia tari, hal ini menjaga kemungkinan jika suatu hari nanti ada seorang pengunjung yang meminta anda untuk melatih dirinya menari. Maka anda tidak perlu kebingungan untuk mencarinya karena sudah Anda persiapkan  sebelumnya. Dengan  begitu  pengunjung  akan  merasa  semua  keluhan  dalam  tari  dapat  teratasi  dengan berkunjung ke studio Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *